Senin, 23 Juni 2008

GREAT TEAM

Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu,
tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.
(I Korintus 1:10)
Ayat Bacaan :

I Korintus 1:10-17

Harry Artinian, mantan petinggi perusahaan Colgate-Palmotive Co. pernah bercerita tentang seorang pengusaha yang ingin memiliki mobil idaman. Ia mengawali impiannya dengan menyewa sebuah gudang dan mengisinya dengan 150 merek mobil terbaik. Ia lalu menyuruh para insinyurnya untuk membuat sebuah mobil terbaik dengan mengambil bagian-bagian terbaik dari 150 mobil yang ia miliki. Para insinyur itu mengambil mesin terbaik dari Mercedes, handle pintu dari Volvo, sistem transmisi dari Toyota, steering-set yang paling handal dari Ford, piranti central-lock dari BMW, teknologi ABS dari Nissan, dst. Semua bagian terbaik diambil dari setiap mobil.

Akhirnya, tim insinyur tersebut berhasil membuat sebuah mobil ‘sempurna’ yang terdiri dari 15000 spare-parts dari beragam merek mobil. Namun sangat disayangkan, ternyata mobil itu tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pasalnya, masing-masing bagian dari mobil itu ternyata tidak dapat bekerja sama.

Sebuah tim yang unggul juga ibaratnya seperti sebuah mobil. Sebuah tim tidak mungkin dapat berfungsi dengan baik jika masing-masing anggotanya tidak dapat saling mencocokkan diri dan hanya mementingkan dirinya sendiri. Suatu kali ada seorang bos perusahaan besar yang mengeluh karena kinerja perusahaannya tidak maksimal sekalipun para karyawan perusahaan tersebut adalah orang-orang hebat bertitel sarjana. Mengapa bisa demikian?

Jika kita memperhatikan ilustrasi di atas, kita dapat mengerti bahwa sebuah tim yang hebat bukanlah sekedar kumpulan individu yang pintar. Agar terjadi sinergi serta kerja sama yang harmonis, setiap orang dalam sebuah tim haruslah berfungsi sebagai tim dan bersehati untuk mencapai tujuan bersama.

KESATUAN ADALAH NYAWA SEBUAH TIM

Tidak ada komentar: